Berita

Tata cara penentuan peserta SKB CPNS 2018

  • Penulis: Administrator, 03-12-2018 14:34
  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 61 Tahun 2018. Peraturan yang berisikan tentang kesempatan bagi peserta yang tidak lulus SKD CPNS 2018 untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan persyaratan formasi yang dilamar masih kosong/tidak ada yang lulus passing grade sesuai PermenpanRB Nomor 37 Tahun 2018. Adapun Tatacara Penentuannya adalah sebagai berikut:
    1.Peserta SKB yang diisi dari Peringkat Terbaik memiliki Nilai Kumulatif SKD:
    - Paling rendah 255 untuk formasi umum, formasi khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude) dan formasi khusus Diaspora
    - Paling rendah 220 untuk formasi khusus: Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Penyandang Disabilitas, dan Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks THK-II.
    2.Apabila Nilai Kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU),dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Apabila nilai TKP, TIU, dan TWK tetap sama, serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali alokasi formasi, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.
    3.Peserta SKB berkompetisi pada kelompoknya masing-masing. Peserta SKB pada kelompok kedua berkompetisi untuk mengisi formasi sebanyak selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama.
    Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini.